Selamat Datang di "Ensiklopedia Akuntansi": Terima Kasih Atas Kunjungan, Semoga Konten yang ada di sini dapat Bermanfaat Bagi Anda

Sunday, May 8, 2016

Pengertian Persediaan

Perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur  selalulu memiliki persediaan di toko maupun digudang perusahaan. Persediaan tersebut dapat berupa persediaan bahan baku, barang dalam proses, atau barang jadi. Persediaan harus dimiliki karena merupakan produk perusahaan yang harus dijual sebagai pendapatan. Persediaan merupakan salah satu aset perusahaan yang sangat penting karena berpengaruh langsung terhadap kemampuan perusahaan untuk memperoleh pendapatan. Karena itu, persediaan harus dikelola dengan baik dan dicatat dengan baik agar perusahaan dapat menjual produknya serta memperoleh pendapatan sehingga tujuan perusahaan tercapai.

Persediaan adalah sejumlah barang jadi, bahan baku, dan barang dalam proses yang dimiliki perusahaan dengan tujuan untuk dijual atau diproses lebih lanjut.


Perusahaan dagang yang aktivitasnya adalah membeli dan menjual barang jadi, memiliki persediaan dalam bentuk barang jadi atau barang dagang. Sedangkan perusahaan manufaktur yang harus memproses bahan baku menjadi barang jadi, memiliki tiga jenis persediaan, yaitu persediaan bahan baku, barang dagang yang berada di gudang perusahaantetapi bukan milik perusahaan tidak dapat dikelompokkan sebagai persediaan.




DOWNLOAD FILE PDF

PREVIEW PDF

Referensi

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi- Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan –Adaptasi IFRS. Jakarta. Erlangga (ISBN: 978-602-241-106-2)



0 comments:

Post a Comment